Berkelanalah, agar kita mengerti arti penciptaan dunia untuk MakhlukNya. Pergilah, agar kita paham indahnya bumi dan isinya adalah bentuk ciptaan Allah, yang patut kita syukuri. Akan tetapi sesungguhnya Allah menyukai rasa syukur kita dengan menjelajah bumi demi untuk kemaslahatan segala makhlukNya. Kita menikmati rezeki makanan dan lainnya dari bumi, sebagai tanda bahwa bumi adalah bentuk kekuasaan Allah yang tiada habisnya untuk keperluan makhlukNya. Surat al-Mulk ayat 15 sebagai pengingat bahwa Allah memberikan rezeki melalui segala yang ada di bumi, maka jelajailah bumi.

Sebagaimana yang disampaikan Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 2 Semarang, Jumat (10/2/2023) kepada peserta didik di halaman sekolah. Peserta didik diimbau agar mulai merencanakan masa depan lima sampai tujuh tahun ke depan, berani bercita-cita, berani berikhtiar mewujudkannya dengan tetap menjaga nama baik diri sendiri, keluarga, dan almamater. Pada kesempatan kali ini Nur Fahmi menegaskan bahwa peluang sukses di zaman sekarang lebih mudah, segala akses mudah dijangkau tinggal kemauannya kuat atau setengah-setengah. Seperti peluang kuliah dan kerja di luar negeri melalui lembaga yang mengadakan program kuliah dan kerja di luar negeri, kita tidak akan tahu kemampuan diri kita, jika kita tidak berani mencoba untuk memulai.

Menjadi pemuda yang membawa perubahan (agent of change) dan sebaik-baik perubahan diawali dari sendiri. Motivasi dari Imam asy-Syafi’i; orang berilmu dan beradab tidak diam beristirahat di kampung halaman. Tinggalkan negerimu dan hidup asing di negeri orang. Kau akan dapatkan pengganti dari orang-orang yang engkau tinggalkan; keluarga, kerabat, dan kawan. Berlelah-lelahlah, sebab manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *