Sehubungan dengan adanya program penyelarasan Kurikulum Pendidikan Vokasi (SMK) dengan Industri, Usaha, dan Dunia Kerja (IDUKA). SMK Muhammadiyah 2 Semarang bersama PT. Cakrawala Berlian Motor, kegiatan IDUKA menyapa pada  Jumat (3/2/2023) sebagai implementasi dari Kurikulum Merdeka, kegiatan ini diperuntukkan bagi semua jurusan dari TKJ, TKR, TBSM, dan TO diikuti kelas X, XI, dan XII di halaman sekolah SMK Muhammadiyah 2 Semarang.

Pada kegiatan ini Sugiyanto sebagai narasumber dari PT. Cakrawala Berlian Motor menjelaskan bahwa di dunia industri antar jurusan saling berkaitan, seperti Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ), dapat dilihat dari mobil tipe sekarang di mana sistemnya sudah menggunakan komputer cruise control ini sebabnya lulusan jurusan TKJ dapat bekerja di dunia industri otomotif.

Sugiyanto sekaligus memberikan bocoran tentang hal apa yang ada dan dibutuhkan di dunia industri. “Karena sekarang banyak anak SMK yang notabennya tidak bisa bekerja di dunia industri karena masih banyak kekurangnnya. Perlu diketahui, bahwa saat seseorang terjun di dunia industri pintar secara teori sudah tidak dijadikan faktor utama, ada hal lain yang lebih utama yaitu attitude. Sebab pintar secara teori masih bisa diasah.”

Menjadi siswa SMK tidak hanya dituntut memiliki keterampilan hard skill, akan tetapi kemampuan soft skill sangat diperlukan bagi siswa SMK sebagai persiapan terjun di dunia kerja, Sugiyanto menjelaskan bahwa kemampuan soft skill dapat diasah mulai dari sekolah dengan bentuk attitude; kedisiplinan, ketertiban, menghargai guru dan teman, dan cara berkomunikasi dengan menggunakan pilihan kata yang baik dan sopan.

Perlu diingat bahwa segala sesuatu yang kita tanam sekarang, maka itu yang akan kita tuai, artinya bahwa jika kita berbuat baik, maka kita juga akan mendapatkan balasan yang baik. Begitu pun sebaliknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *